Kerusakan pada laptop dan netbook

Kerusakan Umum Laptop Dan Netbook

Kerusakan ini umum terjadi pada laptop dan netbook. Tidak terpatok merk atau tipe laptop dan netbook tersebut.

Pengenal Part Laptop dan netbook

Pengenalan Part Laptop Dan Netbook

Bagian dan Part apa saja yang terdapat pada sebuat Laptop dan Netbook

Perawatan Laptop dan netbook.fw

Perawatan Laptop Dan Netbook

Perawatan pada laptop dan netbook sangatlah dianjurkan, agar dapat memperpanjang usia pakai dari laptop atau netbook itu sendiri.

Info Dunia Lapto dan notebook

Informasi Dunia Gadget

Update terus pengetahuan kita terhadap teknologi terkini yang di usung oleh Gadget - gadget terbaru.

Biaya Perbaikan Chipset VGA Laptop

Banyak pengguna laptop atau notebook yang mengeluhkan tentang kerusakan chip VGA terutama untuk ACER Aspire 4520 (nVidia), 4530 dan 4540 (ATI). Pertama-tamaService vga laptop saya akan memberi penerangan dulu, apa sih chipset VGA itu. VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array. Tugas chipset VGA cukup berat. Semua proses pengaturan, pengolahan dan rendering gambar diam maupun bergerak (movie/film) sehingga mneghasilkan tampilan 2D atau 3D pada panel layar laptop – netbook adalah hasil kerja dari sebuah chipset VGA. Karena fungsi kerja yang berat ini seringkali vga mengeluarkan panas cukup besar. Nah… panas ini lah yang menjadi penyebab kerusakan sebuah chipset VGA. Namun ternyata setelah di teliti lebih dekat, kerusakan VGA pun di bagi lagi menjadi 2 macam yaitu:

  1. Kerusakan yang benar-benar terjadi pada chipset VGA itu sendiri
  2. Kerusakan pada BGA(ball grid array) dari chipset VGA itu

Dan persentase pembagian kerusakan pada VGA, ternyata 90% adalah kerusakan pada BGA, sedangkan kerusakan yang adalah benar- benar pada chipset VGA itu sendiri presentasi nya sangat kecil/ jarang terjadi.

 

Sebenarnya apa sih BGA itu??? BGA adalah pad / titik-titik dudukan pada mainboard sebagai tempat merekatnya kaki-kaki/pin dari chipset VGA itu. Bentuk dari BGA itu sendiri berupa bulatan-bulatan kecil dengan diameter beragam antara 0.3mm – 1.7 mm, terbuat dari timah. Sebuah chipset VGA bisa memiliki kurang lebih sekitar 100 – 150 pin/kaki yang harus di hubungkan/direkatkan pada mainboard dengan menggunakan BGA itu tadi. Dikarenakan suhu yg dihasilkan pada saat VGA bekerja sangat tinggi, lama kelamaan BGA ini mengalami kerusakan (rengatan/pecah). Rengatan/ pecahan yg terjadi pada BGA mengakibatkan VGA tidak tersambung / terkoneksi ke mainboard dengan benar. Nah.. kondisi inilah yang dapat menimbulkan mal fungsi/ kerusakan pada saat laptop- notebook di hidupkan (switch ON). Terus bagaimana, masih bisa di service atau tidak? Jawabannya : BISA. Pengerjaan service kerusakan pada BGA di bagi menjadi dua macam, yaitu:

  • BGA di Reflow ulang, yaitu menyemprotkan udara dengan suhu tinggi pada pin – pin BGA.Pengerjaan ini lumayan sulit dan membosankan karena harus di lakukan berulang-ulang hingga dipastikan semua BGA yang rengat/pecah sudah kembali membentuk bulir. Biaya pengerjaan sekitar Rp 400.000 dengan masa garansi 1 minggu
  • BGA di Reball ulang. Ada kalanya rengatan/pecah pada BGA parah, sehingga tidak cukup hanya melakukan reflow, tetapi harus di lakukan re-ball ulang BGA. Chipset VGA akan total di lepas dari mainboard. Semua BGA yang merekat pada mainboard di copot dan di bersihkan. Setelah itu baru dipasang BGA yang baru dan chipset VGA kembali dipasang ke mainboard. Pemasangan kembali BGA dan VGA ke mainboard sangat sulit dan menggunakan alat yang cukup mahal (BGA reworkstation). Biaya pengerjaan sekitar Rp 700.000 dengan masa garansi 1 bulan

Kwalitas perbaikan jika dibandingkan tentu lebih baik BGA di Reball ulang ketimbang hanya di Reflow dengan menggunakan Hot Air Gun. Daya tahan tentu jauh lebih baik jika chipset VGA di Reball Ulang karena pada proses reball ulang, semua pin kaki/ joint chipset VGA ke Mainboard diganti dengan yang baru. 

Apakah setelah di lakukan dengan  Reball Chipset, Laptop atau Notebook bisa awet? Keawetan tetap tergantung dari cara anda memakai laptop-notebook itu sendiri. Tapi satu yang harus di ingat, pemasangan re-Ball yang kami lakukan tentunya memiliki kualitas yg tidak sama dengan pemasangan re-Ball yang di lakukan secara pabrikasi. Kekuatan reBall pabrikasi bisa dipastikan adalah lebih baik dari reBall yang kami lakukan. Agar laptop – notebook bisa lebih awet, sebaiknya pemakaian jangan terlalu lama apalagi non stop. Aturlah bagaimana supaya panas yang di hasilkan oleh VGA selama bekerja dapat di redam, misal: dengan menggunakan docking FAN. Dan sangat di sarankan, minimal 4 bulan sekali di lakukan pembersihan internal FAN processor serta mengganti pasta pendingin processor. Semoga artikel ini dapat memberi penjelasan bagi anda semua. Salam CEMPAKA Computer Service

Tentang CEMPAKA Computer Service

Kami CEMPAKA Computer Service,adalah usaha yang bergerak di bidang jasa layanan perbaikan notebook. Berbekal pengalan kami yang telah berkecimpung di bidang perbaikan computer terutama mobile computer/ laptop dari tahun 2005, kami CEMPAKA Computer Service percaya dan yakin bisa memberikan pelayanan jasa perbaikan / service notebook yang terbaik untuk semua customer atau pelanggan.

Bagi kami, kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan dengan memilih kami sebagai mitra dalam menyelesaikan masalah yang terjadi seputar laptop atau netbook adalah sebuah tanggung jawab bagi kami. Tanggung jawab ini akan kami selesaikan dengan sebaik-baiknya. Kepuasan pelanggan menjadi sesuatu yang harus kami capai dalam memberikan pelayanan jasa perbaikan laptop atau netbook. Semoga keberadaan  CEMPAKA Computer Service dapat memberikan kontribusi yang baik dan memuaskan untuk semua pemilik dan pemakai computer , khususnya notebook, laptop dan netbook ..

Terima Kasih -  CEMPAKA Computer Service Team

                         TELP - WHATSAPP : 08777 - 6361 - 198  [ Wempy ]