Kerusakan pada laptop dan netbook

Kerusakan Umum Laptop Dan Netbook

Kerusakan ini umum terjadi pada laptop dan netbook. Tidak terpatok merk atau tipe laptop dan netbook tersebut.

Pengenal Part Laptop dan netbook

Pengenalan Part Laptop Dan Netbook

Bagian dan Part apa saja yang terdapat pada sebuat Laptop dan Netbook

Perawatan Laptop dan netbook.fw

Perawatan Laptop Dan Netbook

Perawatan pada laptop dan netbook sangatlah dianjurkan, agar dapat memperpanjang usia pakai dari laptop atau netbook itu sendiri.

Info Dunia Lapto dan notebook

Informasi Dunia Gadget

Update terus pengetahuan kita terhadap teknologi terkini yang di usung oleh Gadget - gadget terbaru.

Ciri-ciri Kerusakan Chipset VGA Pada Laptop Dan Netbook

Laptop dan netbook sudah buka menjadi barang mewah saat ini, hampir semua lapisan masyarakat sudah bisa memilikinya. Bahkan banyak anak - anak yang masih duduk di kelas SD dan SMP sudah memiliki laptop atau netbook untuk menunjang kegiatan belajar setiap harinya disekolah. Berbagai vendor dari mulai ACER, TOSHIBA, DELL, ASUS dan lainnya semakin gencar mengeluarkan model terbaru dari produk laptop dan netbook mereka. Spesifikasi semakin tinggi namun harga bisa dibilang sekin murah dan terjangkau. Tapi ada satu hal yang terlupakan dari semua hal itu, yaitu bagaimana merawat laptop atau netbook tersebut agar awet dan kinerja nya tidak menurun. Menurut data yang saya kumpulkan selama bergerak dijasa perbaikan laptop maupun netbook ini, hampir 75 % kerusakan yang dialami laptop maupun netbook adalah semputar masalah chip VGA. Apa sih chipset VGA itu ? Silahkan baca artikel yang sudah saya tulis sebelumnya tentang Biaya Perbaikan Chipset VGA . Sebaiknya anda pengguna laptop maupun netbook harus memiliki pengetahuan tentang apa saja yang menjadi ciri ciri jika sebuah laptop ataupun netbook mengalami masalah pada chipset VGA nya.

Pertama, Laptop - Natbook mengalami overheat

Sebuah laptop ataupun netbook akan sering terasa overheat atau panas yang berlebihan. Suhu laptop dan netbook terasa cepat sekali panas padahal hanya digunakan untuk mengetik. Memang ada faktor lain yang menyebabkan laptop atupun netbook cepat panas, bisa saja fan processor yang kotor dan tersumbat menyebabkan suhu cepat naik. Untuk memastikannya, silahkan coba dirasakan pada sisi tempat buangan fan processor, apakah terasa hembusan angin hasil buangan fan? Jika tidak tererasa berarti suhu panas bisa dipastikan akibat fan yang kotor dan tersumbat. Namun jika hembuasan angin yang keluar dari buangan fan terasa normal namun suhu laptop tetap terasa panas, ini dapat dipastikan bahwa chipset VGA sudah bermasalah.

Kedua, Penurunan Performa Kerja Dari Laptop - Natbook

Kinerja laptop atau netbook terasa menurun dan lambat saat suhu semakin panas. Bahkan sering sekali hingga mengalami lagging atau istilahnya patah patah saat menggerakkan poiter mouse , menonton film ataupun mendengarkan musik. Tentunya hal ini menjadikan kita tidak nyaman saat menggunakan nya.

Ketiga, Laptop - Netbook Bluescreen dan Restar

Pada interval waktu pemakaian yang tidak dapat dipastikan, laptop dan netbook sering mengalami restart secara sendirinya dengan didahului oleh peristiwa yang dikenal denga istilah "Bluescreen". Pada kondisi kerusakan yang mulai parah, sering juga menyebabkan laptop dan netbook tidak hanya self restart namun sampai pada kondisi Power Drop alias laptop ataupun netbook mati/ switch off dengan sendirinya secara mendadak.

Keempat, Hardware hilang pada list Device Manager

Jika anda buka dan perhatikan pada Device Manager, seringkali list VGA Adapter menghilang pada daftar Device Manager. Adapula yang mengalami kegagalan terus menerus saat menginstall driver software untuk chip vga. Jika hal ini terjadi pada laptop atau netbook anda, dapat dipastikan laptop - netbook anda mengalami masalah pada chipset vga nya

Kelima, Low Resolution 

Panel LCD pada laptop ataupun netbook tidak bisa disetting ke posisi resolusi tingga. Ini mengakibatkan gambar pada panel lcd terlihat besar besar serta warna yang ditampilkan terasa kasar.

Keenam, Distorsi Bentuk Objek

Pada kondisi yang semakin parah seringkali mengakibatkan sebuah objek gambar yang ditampilkan di layar LCD tidak dapat kita kenali. Dalam arti bentuk objek itu menjadi tidak sama dengan pada saat objek di tampilkan pada panel LCD normal.

Ketujuh, No Display

Sama sekali tidak terdapat tampilan gambar apapun pada panel LCD. Saat anda menyalakan laptop anda, akan hanya ada indikator led power on saja yang terjadi akibat respon ditekannya tombol power, sedangkan layar LCD tetap dalam kondisi gelap tidak ada gambar sama sekali.

Demikianlah beberapa ciri-ciri jika laptop ataupun netbook anda mengalami masalah pada chipset VGAnya. Semoga artikel yang saya tulis kali ini dapat menberi manfaat bagi anda para pengguna laptop dan netbook. Terima Kasih...

Tentang CEMPAKA Computer Service

Kami CEMPAKA Computer Service,adalah usaha yang bergerak di bidang jasa layanan perbaikan notebook. Berbekal pengalan kami yang telah berkecimpung di bidang perbaikan computer terutama mobile computer/ laptop dari tahun 2005, kami CEMPAKA Computer Service percaya dan yakin bisa memberikan pelayanan jasa perbaikan / service notebook yang terbaik untuk semua customer atau pelanggan.

Bagi kami, kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan dengan memilih kami sebagai mitra dalam menyelesaikan masalah yang terjadi seputar laptop atau netbook adalah sebuah tanggung jawab bagi kami. Tanggung jawab ini akan kami selesaikan dengan sebaik-baiknya. Kepuasan pelanggan menjadi sesuatu yang harus kami capai dalam memberikan pelayanan jasa perbaikan laptop atau netbook. Semoga keberadaan  CEMPAKA Computer Service dapat memberikan kontribusi yang baik dan memuaskan untuk semua pemilik dan pemakai computer , khususnya notebook, laptop dan netbook ..

Terima Kasih -  CEMPAKA Computer Service Team

                         TELP - WHATSAPP : 08777 - 6361 - 198  [ Wempy ]