Kerusakan pada laptop dan netbook

Kerusakan Umum Laptop Dan Netbook

Kerusakan ini umum terjadi pada laptop dan netbook. Tidak terpatok merk atau tipe laptop dan netbook tersebut.

Pengenal Part Laptop dan netbook

Pengenalan Part Laptop Dan Netbook

Bagian dan Part apa saja yang terdapat pada sebuat Laptop dan Netbook

Perawatan Laptop dan netbook.fw

Perawatan Laptop Dan Netbook

Perawatan pada laptop dan netbook sangatlah dianjurkan, agar dapat memperpanjang usia pakai dari laptop atau netbook itu sendiri.

Info Dunia Lapto dan notebook

Informasi Dunia Gadget

Update terus pengetahuan kita terhadap teknologi terkini yang di usung oleh Gadget - gadget terbaru.

Penyebab Utama Kerusakan Pada Laptop Atau Notebook

Terkadang banyak diantara konsumen mempertanyakan tentang apa penyebab utama kerusakan pada laptop. Untuk menjelaskan pertanyaan ini, kami membagi kerusakan pada laptop menjadi dua bagian, yaitu:

  • Kerusakan yang di sebabkan oleh usia pemakaian
  • Kerusakan yang di sebabkan oleh kesalahan pemakai ( user )
  • Kerusakan yang memang kegagalan product (pabrikasi/ cacat produk

 Kerusakan Yang di sebabkan oleh Usia Pemakaian

Yang di maksud dengan kerusakan ole usia pemakaian adalah kerusakan yang timbul seiring umur / usia pakai dari barang tersebut. Sebenarnya setiap barang elektronik yang kita gunakan  memiliki usia pakai. Misalnya, harddisk pada laptop  memiliki usia pakai 15.000 jam. Jika pemakian rata-rata per hari selama 12 jam, maka kira-kira hardisk tersebuat akan mulai turun kinerjanya atau mungkin rusak setelah di pakai selama 2tahun 3 bulan. 

Kerusakan Yang Di Sebabkan Oleh Kesalahan Pemakai ( User )

Kerusakan ini terjadi di karenakan cara pengoperasian (pemakaian ) yang salah dari si pemilik barang. Contoh: perbedaan tegangan jaringan listrik antara 110v dengan 220v. Terkadang saat kita membeli barang dari luar Indonesia (semisal Jepang), kita tidak memperhatikan lagi berapa tegangan yang di butuhkan untuk mengoperasikan barang tersebut.Saat tegangan yang di butuhkan hanya 110v tapi kita memberikan 220v maka otomatis barang tersebuat akan rusak terbakar. Contoh lain: Kebiasaan kita menggunakan laptop di atas kasur tempat tidur atau karpet wol. Hal ini menyebabkan sirkulasi udara sistem pendingin pada laptop terganggu dengan tertutpnya bagian bawah laptop. Akibatnya suhu Mainboard dan komponen elektronik ( terutama chipset ) menjadi over heat sehingga mengakibatkan kerusakan.

Kerusakan Yang Merupakan Kegagalan Pabrikasi

Kerusakan pabrikasi adalah kerusakan akibat kegagalan QC (Quality Control) menyeleksi atau bahkan merancang product tersebut. Kerusakan pabrikasi di tandai oleh kesamaan ciri - ciri kerusakan ( sindrome kerusakan) terhadap satu merk product pada tipe tertentu. Misalkan sebagai contoh: Produsen A memproduksi laptop dengan type 1B. Setelah produk tersebuat di jual, ternyata sebagian besar mengalami kerusakan dengan sindrome ( ciri-ciri kerusakan) yang sama. Pernah kami dihadapkan oleh permasalahan dimana Acer Aspire 2920z memiliki kesamaan kerusakan yaitu tidak respon saat di tekan tombol ON. Laptop tidak mau hidup. Kami sering mendapatkan kerusakan Aspire 2920z ini dengan sindrome tidak mau hidup saat di tekan tombol ON. Memang kami tidak pernah menanyakan secara resmi ke pihak Acer, jadi kami tidak berani mengatakan ini merupakan kegagalan produk dari Aspire 2920z. Kalo untuk produk TOSHIBA, kami juga sering menemukan bahwa Satellite M200 memiliki sindrome kerusakan berupa terganggunya tampilan VGA pada LCD saat menggunakan AC Adaptor. 

Terhadap kerusakan yang telah kami sebutkan diatas, ternyata kerusakan yang di sebabkan kesalahan pemakai (user) persentase nya lebih besar. Kebiasaan pemakaian laptop berlama - lama juga menjadi penyebab tidak awetnya sebuah laptop. Jangan samakan kekuatan sebuah laptop dengan Desktop PC yang mampu di operasikan bahkan berhari - hari secara kontinue tanpa di matikan. Pengoperasian laptop sebaiknya cukup 4-5 jam, setelah itu istirahatkan laptop anda sekedarnya ( dimatikan untuk 10-20 menit) . Setelah itu dapat di pakai kembali. Gunakan pendingin tambahan (cooling pad) sekiranya suhu ruang tempat pengoperasian laptop terasa panas. Ini untuk mengurangi kerusakan chipset akibat overheat. Jangan gunakan laptop untuk bermain game - game berat ( game yg membutuhkan spesifikasi hardware tinggi dengan detail gambar 3D yg cukup tinggi pula). Perhatikan indikator battery pack laptop anda, apakah sudah full atau tidak. Hindari kebiasaan membiarkan laptop dalam kondisi terkoneksi dengan AC adaptor padahal battery pack sudah terisi penuh. Jauhkan benda - benda cair dari sekitar laptop, karna seringkali laptop dengan tidak sengaja terkena tumpahan air. Pastikan tidak ada benda apa pun di atas keyboard laptop anda saat hendak menutup panel LCD laptop. Mudah -mudahan tulisan ini memberikan manfaat bagi kawan - kawan pengguna mobile komputer

CEMPAKA Computer Service  ------------- ITC CEMPAKA MAS, Lantai 4 Blok i Nomer 688

 

Tentang CEMPAKA Computer Service

Kami CEMPAKA Computer Service,adalah usaha yang bergerak di bidang jasa layanan perbaikan notebook. Berbekal pengalan kami yang telah berkecimpung di bidang perbaikan computer terutama mobile computer/ laptop dari tahun 2005, kami CEMPAKA Computer Service percaya dan yakin bisa memberikan pelayanan jasa perbaikan / service notebook yang terbaik untuk semua customer atau pelanggan.

Bagi kami, kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan dengan memilih kami sebagai mitra dalam menyelesaikan masalah yang terjadi seputar laptop atau netbook adalah sebuah tanggung jawab bagi kami. Tanggung jawab ini akan kami selesaikan dengan sebaik-baiknya. Kepuasan pelanggan menjadi sesuatu yang harus kami capai dalam memberikan pelayanan jasa perbaikan laptop atau netbook. Semoga keberadaan  CEMPAKA Computer Service dapat memberikan kontribusi yang baik dan memuaskan untuk semua pemilik dan pemakai computer , khususnya notebook, laptop dan netbook ..

Terima Kasih -  CEMPAKA Computer Service Team